>>
anda sedang membaca...
dengan teman

Teman tak mau memberi maaf

Asslmwrwb. Saya punya msalah sama temen. Krg tau jga yg slah siapa. Tpi sya brusha mengalah en minta maaf. Tapi dia gak mau maafin? Apa hukumnya org meminta maaf namun tdk dmaafkan bg yg dmntain maaf. Dewi, Pelajar SMK Kls X, Bogor [+6285755129xxx]

Jawab:

Wa’alaykum salam warahmatullah wa barakatuh.

Dik Dewi, sebenarnya gaulislam edisi 194, dua pekan lalu, udah ngebahas tentang MAAF secara panjang kali lebar alias luas. Insya Allah bisa lebih dalam wawasannya kalo baca edisi tersebut. Kunjungi aja website http://www.gaulislam.com. Tetapi jangan khawatir, kami jawab juga di rubrik “Curhat Dong” buletin gaulislam edisi cetak. Paling nggak poin pentingnya dari pembahasan tersebut. Nah, kalo membaca SMS Dik Dewi, apa yang dilakukan Dik Dewi sudah bagus. Berusaha menjalin pertemanan meski nggak tahu siapa yang salah. Itu sikap yang bagus. Tetapi masalahnya adalah teman Dik Dewi nggak mau ngasih maaf. Waduh, pelit juga ya, gimana kalo disuruh ngasih duit hehehe. Nah, kalo ditanya hukumnya orang yang menolak memberi maaf, tentu saja ia berdosa. Padahal sikap pemaaf ini diajarkan lho dalam Islam. Allah Swt. berfirman (yang artinya): “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf(QS al-A’raaf  [7]: 199). Dari ayat ini, kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita diminta untuk meminta maaf dan memberi maaf. Jadi, sampaikan jawaban ini kepada temanmu yang ogah ngasih maaf ya. Semoga jelas dan bisa kamu pahami. [GI] :: dimuat di buletin gaulislam edisi 196/tahun ke-4 | 25 Juli 2011

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Arsip

%d blogger menyukai ini: